cermat membaca berita media online


Cermat Dalam Membaca Berita Di Media Online
Media online sudah menjamur dan berkembang dengan sangat cepat. Disaat internet berkembang dengan cepat dan menyajikan berbagai kemudahan dalam berbagai bidang, sulit membayangkan bagaimana kehidupan masyarakat jaman sekarang ini tanpa kehadiran internet dan media online. 
Munculnya media online memang menjadi penanda kemajuan teknologi informasi, artinya banyak orang – orang dari generasi milenial ini yang mampu memanfaatkan internet dengan baik dengan kehadiran media online. Yang menjadi masalah adalah apakah media online yang begitu banyak tersebut aman di konsumsi oleh masyarakat ataukah malah memiliki tujuan tertentu dan mengesampingkan ke objektifannya?. 
Sebagai contoh, dengan adanya media online yang dengan mudah di akses justru semakin banyak menimbulkan berita – berita hoax atau berita palsu, berita yang menyudutkan individu tertentu dan keberpihakanya pada seseorang, misalnya dengan adanya Pilpres, masyarakat dibuat bingung dengan berita di media online yang memihak ke calon tertentu. 
Disaat masyarakat dikepung dengan banyaknya media online keobjektifannya justru dipertanyakan, sulit menemukan media online yang benar – benar menyajikan fakta sesuai dengan fakta yang sebenar - benarnya tanpa mengkonstruksi isi dan netral. Amatilah bagaimana sulitnya mencari media online yang berimbang dan objektif dan kredibilitasnya bisa dipertanggung jawabkan ditengah – tengah tumpang tindihnya informasi yang disajikan media online. 
Kecepatannya dalam memberikan informasi yang terus menerus justru membuat masyarakat sulit memilah mana berita yang benar – benar objektif dimata masyarakat yang membaca. Namun jika memang tidak ada media online yang memiliki keberpihakan, mereka akan menyajikan berita berdasarkan fakta dan yang menjadi masalah adalah sejauh mana media tersebut mengkonstruksi berita tersebut. 
Karena bagaimanapun tidak ada media yang sebenarnya benar – benar netral, namun sejauh mana berita itu dikonstruksi dan objektif. Misalnya media online milik partai A, media secara independen menyajikan berita berdasarkan peristiwa – peristiwa yang terjadi di partai tersebut berdasarkan fakta dan objektif, apa yang terjadi di partai A maka beritanya mengenai partai A dan seterusnya. 
Lalu apakah media online tersebut disebut berpihak?. Tentu media tersebut memiliki keberpihakan, tetapi media online tersebut dalam menyajikan berita objektif karena memang berdasarkan fakta. Jadi dalam mecermati berita yang disajikan oleh banyaknya media online saat ini yang harus diperhatikan adalah bagaimana berita tersebut disajikan secara objektif dan sejauh mana konstruksi isi berita dari suatu peristiwa yang dilakukan oleh wartawan suatu media online.



Komentar